Panduan paling jelas untuk mempersiapkan siswa masa kini agar berhasil dalam dunia yang berubah dengan cepat dan semakin kompleks.
Masyarakat informasi—dan kehidupan secara umum—memerlukan sejumlah keterampilan di luar yang ditemukan dalam kurikulum sekolah tradisional. Namun, hampir seperempat abad ke-21, para pendidik masih mencari kejelasan tentang keterampilan ini dan model sekolah yang komprehensif yang menjelaskan cara mengajar dan mengembangkannya; cara mengamati dan menilai keterampilan tersebut; dan cara melaporkan kemajuan pembelajaran kepada siswa, orang tua, dan keluarga. Penantian itu telah berakhir.
“Ingin tahu cara mengajar dan menilai keterampilan abad ke-21 di kelas dasar dan menengah? Bacalah buku ini! Bu Amir dan rekan-rekannya telah menulis panduan yang sangat berharga dan penuh dengan saran yang jelas dan praktis.”
- Best-selling author and senior research fellow
- Learning Policy Institute
“Saya sudah lama mencari sumber daya tentang cara mengajar siswa untuk berpikir secara keras, mengekspos dan meningkatkan keterampilan berpikir mereka, serta menerapkan pemikiran yang telah ditingkatkan ini untuk menangani tugas-tugas yang lebih kompleks. Saya menemukannya—buku ini! Para penulis telah mengembangkan hubungan simbiosis antara penelitian dan praktik dengan tujuan membuat pembelajaran terlihat. Untuk fokus pada meta-pembelajaran dan proses reflektif secara sengaja terhadap pemikiran sendiri dan orang lain, tujuannya adalah untuk mengajar siswa untuk berpikir secara keras sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi. Dengan desain, mereka membantu siswa mengamati pemikiran yang terlibat dalam kasus sukses, meniru pemikiran ini, dan menambah nilai pada pemikiran tersebut.”
- University of Melbourne
Redea Institute bertujuan untuk mengembangkan kualitas "anak seutuhnya" pada siswanya--yaitu agar siswa dapat berkembang secara akademis, intrapersonal, interpersonal, dan fisik.
Untuk mewujudkan misi ini, kami mengembangkan Redea Institute Learner Outcomes. Ini adalah rumusan kami mengenai serangkaian keterampilan hidup yang akan dikuasai lulusan kami setelah mereka lulus dari sekolah kami. Keterampilan hidup dirancang dalam sistem pembelajaran dan penilaian holistik. Kami melakukan penelitian literatur dan observasi lapangan untuk mengembangkan rubrik sebagai penilaian.
Redea Institute berupaya memastikan bahwa program sekolah yang dirancang selaras dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi masa depan. Lulusan yang siap menghadapi masa depan mencakup sejumlah kualitas atau keterampilan hidup, seperti pemikiran ahli, kreativitas dan inovasi, komunikasi yang berpusat pada audiens, dan kolaborasi sinergis, antara lain.
Keterampilan hidup ini disebut sebagai Hasil Belajar Redea Institute. Pada tahun 2016, sistem penilaian Hasil Belajar masih dalam tahap awal pengembangan. Kami percaya bahwa sangat penting untuk mempelajari pencapaian Hasil Belajar siswa kelas 12 kami sejak tahap awal pengembangan, untuk menangkap peluang peningkatan.
Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian tahun 2016, yang meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa dalam Hasil Belajar.
Penelitian ini meneliti bagaimana guru menerapkan tujuh komponen utama proses pembelajaran sekolah: konten pembelajaran yang ketat, penilaian yang komprehensif, strategi, suasana, lingkungan, kegiatan, dan dukungan. Kami percaya bahwa penerapan komponen-komponen ini mempengaruhi kualitas prestasi siswa kami dalam Hasil Belajar.